COMPUTER
ENGINEER
Mempelajari antara lain tentang bagaimana
mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang
baik. Ilmu yang terlibat adalah tentang hardware, software, komunikasi dan
tentu saja memahami proses interaksi antar bagian tersebut.
- Menurut B.W. Boehm :
Computer engineering
adalah aplikasi ilmu pengetahuan dan matematika dimana kemampuan perangkat
komputer yang dibuat bermanfaat bagi manusia melalui program komputer,
prosedur, dan dokumentasi terkait.
- Menurut Fritz Bauer :
Computer Engineering
adalah pembuatan dan penggunaan prinsip rekayasa untuk memperoleh perangkat
lunak secara ekonomis dimana perangkat lunak tersebut dapat dipercaya dan
bekerja secara efisien pada mesin nyata.
- Menurut IEEE Standar 610.12 :
Computer Engineering
sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan
terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak,
serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
- Menurut R.Fairley :
Computer engineering
adalah disiplin teknologi dan manajerial berkaitan dengan produksi sistematis
dan pemeliharaan produk perangkat lunak yang dikembangkan dan dimodifikasi
tepat waktu dan dalam perkiraan biaya.
COMPUTER SCIENCE
Mempelajari antara lain tentang bagaimana
mengembangkan robotik, computer vision, intelligence system, bio-informatika,
dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk
itu, ilmuwan komputer ini harus memelajari berbagai hal secara teoritis hingga
dasar-dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya.
Computer Science (CS) adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar teoritis dari informasi dan perhitungan dan teknik-teknik praktis untuk implementasi dan aplikasi dalamsistem komputer.
Computer Science (CS) adalah ilmu yang mempelajari dasar-dasar teoritis dari informasi dan perhitungan dan teknik-teknik praktis untuk implementasi dan aplikasi dalamsistem komputer.
Ilmuwan komputer menemukan algoritmik proses yang menciptakan, menjelaskan, dan
mengubah informasi dan merumuskan cocok abstraksi untuk merancang dan
model sistem yang kompleks. Ilmu komputer memiliki
banyak sub-bidang, beberapa, seperti teori kompleksitas komputasi ,
mempelajari sifat fundamental dari masalah komputasi , sementara yang lain,
seperti grafis komputer , menekankan hasil
perhitungan tertentu. Masih lain fokus pada tantangan dalam melaksanakan
perhitungan. Sebagai contoh, bahasa pemrograman teori penelitian
pendekatan untuk menggambarkan perhitungan, sementara pemrograman komputer berlaku
spesifik bahasa pemrograman untuk memecahkan
masalah komputasi yang spesifik, dan interaksi manusia-komputer berfokus
pada tantangan dalam membuat komputer dan perhitungan yang berguna, bermanfaat,
dan universal diakses manusia .
Masyarakat umum kadang-kadang membingungkan ilmuwan komputer dengan lainnya profesional komputer memiliki karir
di bidang teknologi informasi , atau berpikir
bahwa ilmu komputer berkaitan dengan pengalaman mereka sendiri dengan komputer,
yang biasanya melibatkan kegiatan seperti game, web browsing, dan pengolah
kata. Namun, fokus dari ilmu komputer lebih pada pemahaman sifat-sifat
program yang digunakan untuk mengimplementasikan perangkat lunak seperti game
dan web-browser, dan menggunakan pemahaman bahwa untuk menciptakan
program-program baru atau meningkatkan yang sudah ada
SOFTWARE
ENGINEER
- Menurut B.W. Boehm :
Software engineering
adalah aplikasi ilmu pengetahuan dan matematika dimana kemampuan perangkat
komputer yang dibuat bermanfaat bagi manusia melalui program komputer,
prosedur, dan dokumentasi terkait.
- Menurut Fritz Bauer :
Software Engineering
adalah pembuatan dan penggunaan prinsip rekayasa untuk memperoleh perangkat
lunak secara ekonomis dimana perangkat lunak tersebut dapat dipercaya dan
bekerja secara efisien pada mesin nyata.
- Menurut IEEE Standar 610.12 :
Software Engineering
sebagai penerapan suatu pendekatan yang sistematis, disiplin dan
terkuantifikasi atas pengembangan, penggunaan dan pemeliharaan perangkat lunak,
serta studi atas pendekatan-pendekatan ini, yaitu penerapan pendekatan
engineering atas perangkat lunak.
- Menurut R.Fairley :
Software engineering
adalah disiplin teknologi dan manajerial berkaitan dengan produksi sistematis
dan pemeliharaan produk perangkat lunak yang dikembangkan dan dimodifikasi
tepat waktu dan dalam perkiraan biaya.
INFORMATION TECHNOLOGI SPESIALICT
Technology Specialist
adalah keahlian teknis untuk pelaksanaan, pemantauan, atau pemeliharaan
sistem IT.
Technology Specialist Responsibility
– Planning and Analysis
– Design
– Development and Implementation
– Maintenance
– Support
– Design
– Development and Implementation
– Maintenance
– Support
Spesialisasi ini biasanya berfokus
pada jaringan komputer, database, atau fungsi sistem administrasi. Area-nya
termasuk Network Analysis, System Administration, Security dan Information
Assurance, IT audit, Database Administration, Web Administration dan masih
banyak lagi.
Beberapa tingkatan Technology
Specialist bisa di bagi sebagai berikut :
Technology Specialists I
Peran ini adalah untuk posisi entry
level menerapkan keterampilan dasar di bidang Applications/Programming,
Systems Engineering, Network Analysis, IT Analysis and Equipment. Membutuhkan
pengetahuan atau pengalaman yang seimbang di lapangan.
COMPLEXITY
|
|
RESULTS
|
|
ACCOUNTABILITY
|
|
Technology Specialists II
Peran ini memiliki berbagai posisi
analis untuk posisi tingkat senior di bidang Applications
Programming/Analysis, Network Analysis, IT Analysis dan posisi tingkat
spesialis di System Engineering. Membutuhkan pengetahuan dan beberapa
pengalaman substansial di lapangan.
Peran ini juga berisi dua jalur
untuk tingkat Senior Equipment and Applications and level
expert .
Pertama adalah untuk posisi yang
berfungsi sebagai Konsultan dan memberikan saran teknis untuk mengatasi masalah
yang dihadapi.
Kedua adalah untuk posisi yang
memiliki tanggung jawab untuk menginstruksikan, mengarahkan,dan mengawasi
pekerjaan staf.
Membutuhkan pengetahuan dan
pengalaman yang luas dan kedalaman pengalaman yang signifikan.
COMPLEXITY
|
|
RESULTS
|
|
ACCOUNTABILITY
|
|
Technology Specialist III
Peran ini berisi dua jalur
untuk posisi Applications Programming/Analysis, Network Analysis, dan IT
Analysis.
Jalur pertama adalah sebagai
konsultan teknis dan yang kedua sebagai penanggung jawab untuk mengajar,
mengarahkan, dan mengawasi pekerjaan staf.
Di level ini membutuhkan pengetahuan
dan pengalaman yang luas dalam fungsi. Tingkat pengawasan juga membutuhkan
pengalaman kepemimpinan dalam fungsi.Membutuhkan pengetahuan dan substansial
dengan pengalaman yang luas di bidang System Engineering.
COMPLEXITY
|
|
RESULTS
|
|
ACCOUNTABILITY
|
|
Technology Specialist IV
Peran ini adalah untuk posisi
tertinggi teknis di area khusus seperti Systems Engineering, Applications
Analysis, Network Analysis, dan Operating Systems analysis, hingga
posisi supervisory level di Systems Engineering.
Posisi supervisor
mengkoordinasikan seluruh kegiatan unit dengan beberapa proyek untuk memenuhi
tenggat waktu proyek dan anggaran. Mereka memerlukan pengetahuan dan pengalaman
kepemimpinan secara fungsional. Para ahli teknis ini memerlukan pengetahuan
yang komprehensif dan pengalaman khusus yang cukup luas.
COMPLEXITY
|
|
RESULTS
|
|
ACCOUNTABILITY
|
DSSFSDGDFG
|
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar