Jumat, 18 Oktober 2013

Membuat Garis Vertikal ,Horizontal Dan Diagonal Pada OpenGL

Pengertian OpenGL

OpenGl adalah suatu perangkat grafis standaryang digunakan untuk keperluan-keperluan pemograman grafis.OpenGl bersifat Open Source,Multi Platform,Multy Languange.Saat ini smua bahasa pemgraman mendukung OpenGL,Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan
Windows,Linux,Unix,FreeBSD,SGI,library dasar OpenGL adalah Glut dengan fasilitas yang bisa dikembangkan.


Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu : 
  • Glut.h
  • Glut32.lib
  • Glut32.dll 
Membuat Project Pada OpenGL
1.Download Program OpenGL-->install program-->dan tunggu hingga selesai 


2.Kemudian buat project baru klick multimedia-->OpenGL save dengan nama tugas,klick ok ,setelah itu create new project kita tempatkan sesuai dengan yang kita inginkan klick save. Lihat Gambar:
3.kemudian hapus koding awal pada main.cpp,dan kita ketikan koding program baru yang akan kita buat Lihat Gambar :
Membuat Program Garis Vertikal Pada OpenGL :
  • Ketikkan Koding Pada Main.cpp yang telah kita kosongkan dan jalankan program dengan menekan tombol f9 dan save dan output garis vertikal yang kita buat telah jadi,
Lihat Gambar Koding:

Ket untuk koding pada garis vertikal:

/*Untuk membuat garis Vertikal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();                       [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);                                [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //                                    [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                   [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.10,10.0,13.13);     [ untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,0.0);                               [ untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();                                                   [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();                        [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);                [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);                               [digunakan untuk mengakhiri koding/program]

Logika:
pada pembuatan garis baik dari vertikal, horizontal, maupun diagonal memiliki fungsi pemahaman tentang garis pada line di coding bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis vertikal.

Membuat Garis Horizontal Pada OpenGL
  • Kosongkan Kembali Layar OpenGL,ketikkan koding untuk garis horizontal dan jalankan program dengan menekan f9
Lihat Gambar Koding :
 
Penjelasan untuk koding pada garis horizontal
/*Untuk membuat garis Horizontal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
[ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix();                                     [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);                              [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //                                 [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);
glVertex3f(-0.6f, 0.0f, 0.0f);               untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);                    untuk menentukan titik yang digunakan ]
glVertex3f(0.6f, 0.0f, 0.0f);                untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd();                                                   [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix();                                       [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
SwapBuffers (hDC);                              [digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);                                           [digunakan untuk mengakhiri koding/program]
Logika :
pada pembuatan garis horizontal  lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis Horizontal.
Membuat Garis Diagonal Pada OpenGL
  • Sama seperti program sebelumnya ,kita ketik kodingnya pada main.cpp , save--> F9 untuk menjalankan program 
Lihat Gambar Koding :

Penjelasan tentang koding pada diagonal

/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
 [ untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA]
glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
[untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam]
glPushMatrix ();                                    [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]
glClearColor(1,1,1,0);                              [untuk menentukan warna garis/titik]
glColor3f(1,1,1); //                                 [untuk menentukan warna garis/titik]
glBegin(GL_LINES);                               [untuk menggambar garis dari titik yang digunakan ]
glVertex3f(0,0,-0.8);                           untuk menentukan titik awal yang digunakan ]
glVertex3f(9.9,8.9,0.1);                        untuk menentukan titik akhir yang digunakan ]
glEnd ();                                                  [untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir ]
glPopMatrix ();                                      [Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar]

SwapBuffers (hDC);
[digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar]
Sleep (1);                                           [digunakan untuk mengakhiri koding/program]
 
Logika:
pada pembuatan garis diagonal sama seperti sebelumnya lebih memahami masalah di line bagian "glvertex3f" disinilah dimana sebuah garis dibuat dengan koordinat yang kita tentukan dan disinilah pemahaman tentang koordinat diperlukan untuk pembuatan garis yang sesuai fungsi yang kita gunakan. dan setelah coding dibuat kita tinggal tekan F9 untuk compile dan run lalu jendela untuk open GL sample pun keluar dan menghasilkan sebuah garis berbentuk garis diagonal

Demikianlah tutor/penjelasan tugas "grafik komputer & Olah Citra" tentang pembuatan garis vertikal,horizontal,diagonal pada program openGL...
Sekian......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar